Senin, 11 Oktober 2010

MAKALAH PTK BIOLOGI

ABSTRAK

Edi Purwanto, S.Pd., 2006, MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR MELALUI TUGAS KELOMPOK DENGAN STRATEGI MELENGKAPI PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS VII SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 1 LAREN KABUPATEN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Kegiatan belajar mengajar (KBM) dirancang mengikuti prinsip-prinsip belajar-mengajar. Belajar mengajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna atau pemahaman. Dengan demikian, guru perlu memberikan dorongan kepada siswa untuk menggunakan otoritas atau haknya dalam membangun gagasan. Tanggung jawab belajar berada pada diri siswa, tetapi guru bertangung jawab untuk menciptakan situasi yang mendorong prakarsa, motivasi, dan tanggung jawab siswa untuk belajar.
Proses pembelajaran IPA Biologi juga mencakup kemampuan untuk mengkomunikasikan baik secara tertulis berupa pembuatan tulisan/karangan, pemberian label, menggambar, melengkapi peta konsep. Penyampaian materi yang kurang disukai siswa karena terlalu monoton sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Keadaan siswa yang kurang mampu memahami konsep-konsep IPA Biologi tentu bukan mutlak kesalahan siswa, untuk itu harus dicari sebab permasalahan. Rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA Biologi terjadi dan diketahui oleh peneliti pada awal-awal semeter ganjil tahun pelajaran 2006/2007.
Setelah melalui beberapa upaya yang telah dilakukan diketahui beberapa sebab di antaranya: variasi model penyampaian materi pelajaran yang kurang, siswa kurang mendapat peran dalam PBM, pembelajaran yang kurang menampakkan kerjasama kelompok. Dengan demikian perlu penyusunan program alternatif dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi di sekolah, khususnya untuk beberapa pokok bahasan yang materi penyampaiannya menghendaki terjadinya proses diskusi. Agar dalam proses diskusi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dalam kerja kelompok maka permberian tugas kajian materi yang bersifat kontradiksi perlu untuk dicobakan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencari alternatif yang tepat untuk meningkatkan keaktivan serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA biologi materi Keanekaragaman Makhluk Hidup.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP NEGERI 1 LAREN yang meliputi 3 siklus, dengan setiap siklusnya meliputi 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada tahap perencanaan guru mempersiapkan instrumen pengamatan, instrumen pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru memberikan pembelajaran dengan tugas kelompok denga strategi melengkapi peta konsep, sedangkan untuk pembahasan kajian dilakukan dengan metode presentasi dan diskusi kelas. Untuk pengamatan guru dibantu oleh guru IPA kelas VIII dan IX. Pada akhir pembelajaran guru memberikan pemantapan dan post test. Hasil tindakan untuk setiap siklusnya menunjukkan peningkatan keativan dan hasil belajar siswa, terutama pada siklus ke 2. Dengan perbaikan karakteristik sajian tugas melengkapi peta konsep menunjukkan , siswa aktif berdiskusi mencapai 75%, nilai rata–rata adalah 88, serta siswa yang nilai tuntas pada ualangan harian mencapai 80% lebih, begitu pula dengan tingkat responsive siswa yang diketahui melalui kuisioner mencapai 100% siswa senang dengan model tugas dan model pembelajaran yang telah dicobakan guru. Dengan demikian hasil Classroom Action Research ini menunjukkan bahwa dengan memberikan tugas melengkapi peta konsep dapat mengoptimalkan kerja kelompok, meningkatkan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajarnya.
Makalah lengkap Silahkan download di bawah ini, semoga bermanfaat….dan jangan lupa beri komentar diblog saya….trims

Bagian depan makalah
Bab 1 peta konsep
Bab 2 peta konsep
Bab 3 peta konsep
Bab 4 peta konsep
Bab 5 peta konsep

Lampiran1
Lampiran2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar